menentukan anggaran
09
Aug

6 HAL YANG PERLU KALIAN PERHATIKAN SAAT MEMBELI RUMAH

Luxury Art

Luxuryart –pada kesempatan kali ini, kami akan membahas 6 HAL YANG PERLU KALIAN PERHATIKAN SAAT MEMBELI RUMAH. Tanpa perlu panjang lebar , yuk simak informasi detail di bawah ini.

 

6 HAL YANG PERLU KALIAN PERHATIKAN SAAT MEMBELI RUMAH

 

  1. Menentukan lokasi rumah
  2. Sesuaikan budget
  3. Memperhatikan kebutuhan keluarga
  4. Cek spesifikasi bangunan
  5. Cek dokumen perizinan
  6. Pembuatan akta jual beli

 

  1. MENENTUKAN LOKASI RUMAHMenentukan Lokasi Rumah

Dengan cara mementukan lokasi rumah, maka itu akan memudahkan anda dalam mencari spesifik lokasi rumah yang ingin dibeli. Sebagai contoh, mungkin anda ingin membeli rumah dekat dari tempat orang tua anda sehingga akses dengan orang tua semakin dekat.

Hal lain yang harus anda pertimbangkan adalah, apakah lokasi tersebut bebas dari banjir dan pemukiman yang jauh dari kejahatan dan premanisme. Jika seandainya rumah itu berada di Kawasan yang rutin terjadi banjir, ada baiknya anda membatalkan membeli rumah di lokasi tersebut.

Hal lain yang harus anda pertimbangkan adalah, apakah lokasi tersebut bebas dari banjir dan pemukiman yang jauh dari kejahatan dan premanisme. Jika seandainya rumah itu berada di Kawasan yang rutin terjadi banjir, ada baiknya anda membatalkan membeli rumah di lokasi tersebut.

Pastikan juga rumah yang ingin anda beli berada di lokasi yang strategis. Contohnya adalah, rumah dekat dari fasilitas Kesehatan, dekat dengan pusat pembelanjaan, dekat dengan pusat ibadah, dan lain-lain.

  1. MENYESUAIKAN ANGGARAN

menentukan anggaran

Hal kedua yang harus anda perhatikan dalam membeli rumah adalah menyesuaikan anggaran. Sebagai contoh untuk anggaran yang anda miliki saat ini adalah 700 juta rupiah. Berarti anda harus mencari rumah yang di jual dengan pasaran nilai jual 500 juta hingga 700 juta rupiah. Semakin besar yang anda sediakan, maka semakin leluasa anda mimilih rumah dengan ukuran yang anda inginkan dan pastinya lebih mewah.

Selain itu, pastikan metoda pembayaran yang ingin anda gunakan. Apakah anda ingin membeli rumah dengan cara tunai atau kredit. Metoda pembayaran kredit bisa anda gunakan apabila anda memiliki penghasilan tetap, namun uang belum cukup untuk melakukan pembelian secara tunai.

Untuk pembelian secara kredit, maka hal yang harus anda siapkan adalah uang muka (Down Payment). Besaran uang muka berpengaruh terhadap cicilan angsuran yang anda bayar setiap bulan-nya.  pastikan juga sebelum anda melakukan kredit, anda sudah yakin dan mampu untuk melakukan pembayaran setiap bulan-nya.  karena, jika anda telat saja melakukan pembayaran, maka anda akan di kenakan denda ataupun sanksi.

 

  1. MEMPERHATIKAN KEBUTUHAN KELUARGA

MEMPERHATIKAN KEBUTUHAN KELUARGA

Hal ini sangat penting bagi anda sebelum mencari rumah impian anda. Hal yang paling anda pertimbangkan adalah berapa jumlah anggota keluarga, berapa kendaraan yang anda punya, dan apakah perlu taman atau tidak di halaman rumah.

Baca Juga : Keuntungan Menggunakan Jasa Arsitek?

Setelah semuanya sudah anda tentukan , anda juga bisa mencari rumah yang anda inginkan di berbagai jenis website penyedia property. Dengan banyak nya rumah yang anda lihat di website penyedia jasa property maka akan membuat anda lebih leluasa memilih untuk kebutuhan keluarga anda.

 

  1. CEK SPESIFIKASI BANGUNAN

Spesifikasi Bangunan

Cek spesifikasi bangunan Ini sangat perlu anda pertimbangkan saat membeli sebuah rumah. Mulai dari spesifikasi material yang di gunakan saat pembangunan, hingga struktur bangunan. Untuk mendapatkan data di atas anda bisa langsung menanyakan kepada pemilik rumah sebelum proses jual beli terjadi.

Kenapa cek spesifikasi bangunan itu sangat penting?. Karna apabila struktur dan material yang di gunakan tidak sesuai yang diharapkan, maka anda akan kesulitan nantinya untuk melakukan pengembangan. yang dimana nanti nya untuk melakukan pengembangan harus bongkar Kembali struktur bangunan lama. Semua itu akan menyebabkan pemborosan saat renovasi nantinya.

 

  1. CEK DOKUMEN PERIZINAN

Sertifikat Rumah

Hal ini sangat perlu anda lakukan sebelum melakukan proses jual beli sebuah property. Anda juga harus mengetahui ada beberapa jenis perizinan bangunan. Diantaranya adalah hak milik, hak guna usaha, hak guna bangunan dan hak guna pakai. Dengan mengetahui jenis sertifikat nya maka akan memudahkan anda dalam menentukan harga sebuah property sebelum melakukan proses jual beli.

Selain itu anda juga harus memastikan keberadaan sertifikat sebelum melakukan proses jual beli. Kenapa ini penting?. Jangan sampai Ketika anda ingin melakukan proses jual beli ternyata sertifikat masih di bank, di karenakan si pemilik rumah ada pinjaman di bank. Ada baiknya sebelum melakukan proses jual beli anda melihat dulu dokumen sertifikat asli.

 

  1. Pembuatan akta jual beli

Akta Jual Beli

Pembuatan akta jual beli atau yang selama ini kita kenal sebagai AJB ini adalah bukti yang sah dalam melakukan transaksi jual beli sebuah property. Proses ini biasanya di lakukan di kantor notaris atau pejabat pembuat akta yang mempunyai legalitas hukum. Adapun dokumen dan kewajiban yang harus disiapkan oleh pembeli maupun penjual. Diantara lain adalah:

Penjual :

  1. Melampirkan Sertifikat asli yang di keluarkan oleh BPN ( Badan Pertanahan Nasional )
  2. Melampirkan IMB ( Izin mendirikan bangunan )
  3. KTP Penjual dan surat penyataan jual beli apabila penjual sudah menikah
  4. Seandainya suami atau istri sudah meninggal, wajib melampirkan surat kematian
  5. Melampirkan bukti pembayaran PBB ( Pajak Bumi Bangunan ) minimal 3 tahun terakhir
  6. KK ( Kartu Keluarga )
  7. Melampirkan surat pernyataan tanah atau bangunan tidak dalam sengketa yang di legalirsir oleh Lurah dan camat atau wali nagari (apabila di lokasi tanah atau bangunan belum ada lurah)
  8. Wajib membayarkan PPH sebesar 2,5% dari NJOP ( Nilai Jual Objek Pajak ) atau dari harga transaksi jual beli

Pembeli :

  1. KTP ( Kartu Tanda Penduduk )
  2. KK ( Kartu Keluarga )
  3. Wajib mebayarkan BPHTB ( Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan ) sebesar 5% dari dasar pengenaan pajak.

 

Beberapa hal di atas adalah 6 HAL YANG PERLU KALIAN PERHATIKAN SAAT MEMBELI RUMAH. Jika anda dengan melakukan tahapan yang kami berikan, selain mendapatkan kenyamanan, namun juga aman di kemudian harinya. Dengan demikian keluarga anda akan nyaman dan betah untuk beraktivitas di rumah sehari-hari.

Selanjutnya jika anda butuh Jasa arsitek profesional silahkan menghubungi tim Luxuryart untuk berkonsultasi. Luxury Art siap membantu anda untuk memilih bangunan yang tepat agar bisa dilakukan pengembangan di kemudian harinya. Info lebih lanjut silahkan klik link konsultasi dibawah ini.

Konsultasi Desain