jenis-jenis style bangunan
20
Apr

11 Jenis-jenis Style Bangunan Yang Memiliki Nilai Jual

Jenis-jenis style bangunan menurut arsitektur memiliki banyak istilah. Mulai dari minimalis modern, industrial dan Skandinavia. Hal itu bertujuan agar memiliki nilai jual dan mendapatkan kesan model rumah kekinian.

Namun, sayangnya sebagian besar masyarakat belum mengerti akan nilai seni dalam arsitektur serta desain interior rumah. Mereka paham bahwa berbagai jenis gaya rumah minimalis yang Kekinian lahir dalam waktu sepuluh tahun ini.

Padahal, pada kenyataannya gaya tersebut campuran dari American classical, Art Deco bahkan jenis gaya lain. Nah, untuk Anda yang ingin mengetahui nilai seni serta gaya dalam dunia arsitektur.

Inilah beberapa  gaya rumah yang memiliki nilai jual tinggi, simak ulasan jenis-jenis style bangunan:

Jenis – Jenis Style Bangunan

Seiring berjalannya waktu di dunia arsitektur yang semakin berkembang. Muncul berbagai macam gaya rumah yang memiliki nilai seni tinggi. Lantas gaya rumah seperti apa yang memiliki nilai jual tinggi?

Dimana gaya rumah ini, sedang populer di dunia arsitektur Indonesia. Bahkan menurut dunia arsitektur gaya rumah tersebut disinyalir sebagai hunian tak lekang oleh waktu.

Benarkah demikian? Dari Manakah Jenis-Jenis Style bangunan? Apakah berkiblat pada model jepang? Ataukah gaya Eropa? Untuk mengetahuinya simak ulasan berikut ini:

1 Model Rumah  Minimalis

Selanjutnya adalah model rumah yang memiliki arsitektur minimalis. Ciri khas dari model minimalis adalah gaya yang polos tanpa menggunakan ornamen, dan adanya kombinasi dari beberapa material. Untuk model atapnya biasa berbentuk dak beton atau atap rata.

Style MinimalisPada intinya model arsitektur minimalis menganut kesederhanaan. Ada yang beranggapan bahwa model minimalis adalah kiblat dari gaya rumah Jepang.

Jika Anda ingin membangun rumah, apakah Jenis-Jenis Style Bangunan yang Anda sukai? Apakah  minimalis atau bentuk arsitektur minimalis modern? Jika anda tertarik dengan style bergaya minimalis bisa untuk kunjungi Jasa Arsitek Padang untuk lanjut pemesanan

2. Model Rumah  Modern

Berikutnya adalah model modern, tipe model rumah modern biasanya memiliki atap berbentuk seperti perisai dan segitiga.

Tampilan dari model rumah modern adalah adanya  pergantian udara  berupa  jendela agar suasana rumah menjadi sejuk. Perlu diingat bahwa memberikan jendela dengan bukaan sebelah barat harus dihindari, karena menyebabkan rumah menjadi terasa panas.

jenis-jenis style bangunan modernNah, apa Jenis-jenis style bangunan rumah modern adalah gaya rumah kesukaan Anda? Semua ada pada pilihan  dan kesukaan Anda.

bagi anda yang menyukai style modern dari luxury art bisa lihat halaman Jasa Arsitek untuk melihat prosedur pemesanan.

3. Model Rumah  Klasik

Rumah klasik, memiliki kesan yang sangat mewah dan  anggun. Ciri khas model rumah klasik adalah adanya model cekung, bergalur serta atap langit yang berukir.

Sebagian besar masyarakat masih menyukai gaya rumah klasik. Nah, apakah Anda ingin membangun rumah dengan gaya klasik?

jenis-jenis style bangunan classicTerdapat berbagai jenis-jenis style bangunan pada model rumah klasik, yaitu klasik minimalis. Lantas, seperti apakah cirinya gaya rumah klasik minimalis?

Rumah  klasik minimalis Memiliki ciri adanya konsep dua tiang yang berdiri dengan sangat kokoh di depan beranda rumah. Akan tampak minimalis, jika dalam pemilihan warna terdapat warna putih, abu-abu serta hitam.

Baca Juga : Mengapa Perlu Jasa Arsitek

4 Model Rumah Kontemporer

Dalam dunia arsitektur terdapat berbagai model rumah yang sangat unik dengan nilai seni yang tinggi yaitu rumah kontemporer. Tipe rumah yang mengikuti arus perkembangan zaman dan lebih kekinian.

Jenis-jenis style bangunan yang sangat menonjol dari gaya rumah kontemporer adalah adanya tanaman hias dengan nuansa alami ala pemandangan pegunungan. Menjadikan rumah type ini, memiliki udara sejuk yang sangat nyaman ketika cuaca sedang sangat terik.

Apalagi jika di pagi hari suasana sejuk akan terasa dan menambah sang empunya rumah menjadi betah berlama-lama di dalam rumah. Apakah gaya rumah kontemporer adalah keinginan Anda dalam memiliki sebuah hunian mewah?

Baca Juga : Keuntungan Menggunakan Jasa Arsitek

5. Model Rumah  Scandinavian

Model rumah scandinavian lahir di negara Eropa Utara dengan memiliki penampilan yang sangat khas, yaitu bahan dasar kayu. Seiring berjalannya waktu gaya scandinavian mulai mengikuti tren masa kini dengan material baja dan kaca.

Style Rumah ScandinavianJenis-jenis style bangunan yang tak lekang oleh  waktu, dimana ciri khusus dari rumah scandinavian adalah pemilihan warna yang natural, yaitu putih. Dengan adanya perabotan yang berbahan dasar dari kayu bernuansa terang, bersih serta luas.

Biasa para pasangan mudah Kekinian yang menyukai tipe rumah scandinavian. Apakah Anda adalah keluarga muda yang kekinian? Ingin memiliki rumah dengan gaya scandinavian?

6. Model Rumah Industrial

Model rumah industrial terinspirasi dari model pabrik. Semua bahan untuk membangun rumah, seperti dinding bata serta struktur pada pipa air, adanya material daur ulang.

Style industrialMerupakan cerminan model dari sebuah bangunan pabrik. Namun, dengan perkembangan zaman pada dunia arsitektur. Jenis-jenis style bangunan ini mulai beralih fungsi menjadi model untuk bisnis, seperti  cafe dan restoran. Pada masa ini, banyak dari cafe dan restoran menganut gaya arsitektur industrial.

7. Rumah Model Rustic

Tipe arsitektur Rustic memiliki pengaruh besar oleh budaya barat, yaitu pengrajin yang berasal dari negeri Paman Sam Amerika serikat. Model rumah dengan gaya Rustic menitikberatkan pada unsur yang kasar dalam finishing.

Dalam desain interiornya lebih menganut unsur alami dari furniture kayu serta tampilan adanya lampu gantung yang telah usang. Nah, apakah Jenis-Jenis Style bangunan seperti model Rustic adalah keinginan Anda dalam membangun sebuah rumah impian?

8.Model Rumah  Mediterania

Model Rumah ala Mediterania berasal dari daerah yang memiliki iklim tropis, yaitu negara Spanyol, Portugal dan Italia. Arsitektur Mediterania populer pada tahun 1918 hingga 1940.

Unsur rumah ala Mediterania adalah adanya keramik berwarna terang, yaitu merah. Sedangkan ciri khusus pada atapnya bermaterial dari batu bata.

Pada intinya jenis-jenis style bangunan terletak pada dindingnya yang sangat tebal. Manfaat dari dinding tersebut adalah agar terhindar dari panas di siang hari.

Karena  unsur dari model rumah Mediterania adalah simbol lautan. Dengan demikian, paparan sinar matahari dapat masuk kedalam rumah.

Jasa Desain Rumah9. Model Rumah Mid-Century

Model rumah Mid-Century berawal pada tahun 1945 hingga tahun 1980. Dimana dengan menciptakan rumah model ini, maka akan terjadi perubahan sosial  dari masyarakat.

Ciri khusus yang melekat pada tipe rumah Mid-Century, yaitu terletak pada arsitektur tempat keluar masuknya udara dengan  ukuran besar. Jenis-jenis style bangunan pun memiliki unsur datar yang memiliki kesan alami.

10. Model Rumah American Craftsman

Arsitektur yang lahir di negara Amerika oleh arsitektur bernama Greene And Greene. Menganut gaya arsitektur yang sangat detail dalam material yang bersifat alami dengan adanya nilai estetika yang cool.

Jenis-jenis style bangunan model Craftsman mempunyai ciri khusus. Biasanya desain interior rumah menghadirkan tempat perapian serta  semua bahan material dari kayu.

Desain rumah yang menonjol adalah terdapat pilar kayu untuk akses masuk kedalam rumah. Interior yang benar-benar sangat unik dan memiliki nilai seni yang sangat tinggi.

11. Model Rumah the kolonial

Diadaptasi abad ke -18 Model rumah yang sangat viral di negara Amerika. Gaya ini muncul, sebab pada abad ke-18 imigran Eropa mendirikan rumah ala kolonial desain dari arsitektur Eropa.

Jenis-jenis style bangunan ala kolonial  identik dengan arsitektur khas Indonesia. Sampai detik ini, tipe ala kolonial masih memiliki  banyak fans.

Seiring dengan perkembangan zaman pada dunia arsitektur. Gaya rumah kolonial mulai memberikan tambahan unsur modern.

Dimana desain modern dengan perpaduan klasik yang masih dipertahankan. Bagaimana? Apakah Anda termasuk tipe orang yang menyukai model ala kolonial?

Kesimpulan

Gaya rumah mencerminkan karakteristik dari sang pemilik. Oleh sebab itu, sebagian besar orang mengungkapkan sifatnya melalui bangunan rumah.

Jenis-jenis style bangunan saat ini sangatlah beragam. Anda dapat menuangkan segala keinginan Anda melalui gaya rumah.

Nah, apabila Anda kesulitan dalam menuangkan ide dalam mendesain rumah. Tak perlu khawatir karena saat ini terdapat begitu banyak jasa desain rumah yang membantu mewujudkan keinginan Anda dalam memiliki rumah idaman.

SIMULASI BIAYA DESAIN