jasa arsitek
21
Aug

Pengen Dapat Jasa arsitek Paling Terpercaya, Simak Tips Berikut Ini

Pengen Dapat Jasa arsitek Paling Terpercaya, Simak Tips Berikut Ini

Untuk dapat memiliki sebuah bangunan impian, tentunya Anda membutuhkan jasa arsitek profesional. Sebenarnya hasil karyanya tidak hanya sebuah rumah saja, bisa kantor, hotel, apartemen, dan lain sebagainya. Akan tetapi hal penting yang harus Anda tahu adalah tidak semua arsitek bisa memberikan yang terbaik.

Pasalnya ada beberapa orang yang hanya bermodalkan ilmu dasar saja namun sudah berani mengambil job besar, sehingga hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi klien. Nah, inilah yang harus Anda waspadai supaya mendapatkan jasa arsitek terpercaya. Berikut beberapa tips yang perlu Anda pahami sebelum memakai jasa desain.

7 Tips Untuk Mendapatkan Jasa Arsitek Terbaik yang Wajib Anda Ketahui

1. Melibatkan Kontraktor 

Tips pertama sebelum menjatuhkan pilihan kepada jasa arsitek rumah maka Anda haruslah melibatkan kontraktor. Namun hal ini hanya anda lakukan jika sedari awal memang Anda telah memilih kontraktor atau tenaga yang membangun rumah.

Dengan adanya pengalaman yang mumpuni tentunya pihak kontraktor sudah memiliki sejumlah relasi arsitek. Dengan begitu Anda akan lebih mudah menjatuhkan pilihan dan tidak akan salah pilih. Bahkan hanya mengungkapkan ide saja pihak kontraktor sudah bisa menerka.

Sekiranya jasa arsitek yang seperti apa yang paling cocok dengan konsep Anda. Disamping itu akan ada keuntungan tersendiri buat Anda yakni memudahkan kontraktor dan arsitek untuk bekerjasama dalam membangun rumah, mengingat keduanya memiliki peranan yang sangat penting.

2. Cari Tahu Hasil Karya Dari Arsitek Yang Akan Dipilih

Bagi yang belum pernah menggunakan jasa arsitek murah tentu saja tidak akan familiar dengan industri ini. Terlebih untuk menemukan jasa yang paling terpercaya, tentu saja akan cukup sulit dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Akan tetapi ada satu tips yang sangat mudah untuk dicoba yakni dengan mencari tahu hasil dari karya jasa arsitek itu sendiri. Adapun bisa lewat internet maupun langsung. Misalnya saja Anda datang ke suatu lokasi perumahan dan melihat gaya desain serta gambaran rumah yang ada disana.

Dari hasil riset inilah Anda bisa mulai mencari dan menentukan arsitek yang terbaik dengan bukti nyata. Kemudian lakukan riset kepada arsitek-arsitek yang sudah berada di daftar list, jika sudah menemukan yang telah cocok maka langsung hubungi dan lanjutkan proyeknya.

Biasanya untuk memvalidkan bahwa kenyataan yang Anda terima memang terbukti, di beberapa media sosial bisa dimanfaatkan. Terlebih ini adalah arsitek yang sangat dibutuhkan jasanya oleh proyek-proyek bangunan besar. Jadi pastinya faktanya akan banyak tersebar di media sosial.

Baca juga :  Harga dan Prosedur Jasa Desain Rumah

3. Memperhatikan Portofolio Dari Beberapa Jasa Arsitek

Setiap arsitek pasti memiliki portofolio hasil karyanya dari beberapa proyek yang telah mereka kerjakan. Inilah yang menjadi langkah berikutnya untuk Anda dalam memilih  jasa arsitek profesional, yakni dengan memperhatikan sejumlah portofolio dari beberapa arsitek sekaligus.

Cari tahu sedetail mungkin mengenai lingkup desain yang pernah mereka kerjakan. Mulai dari gaya, karakter, desain, harga, dan lain sebagainya. Selanjutnya cari tahu pula informasi yang membuktikan bahwa arsitek tersebut benar-benar bisa dipercaya.

Biasanya untuk memperoleh portofolio ini Anda dapat mengeceknya lewat Instagram pribadi, website, dan lain sebagainya. Jaman sekarang semuanya serba digital, jadi akan sangat memungkinkan bahwa para arsitek mengunggah portofolio mereka di sosial media. Cukup mudah untuk mencarinya.

Akan tetapi jika belum terlalu paham mengenai konsep yang ada di portofolio arsitek silahkan minta bantuan kepada orang yang lebih mengerti. Dengan langkah ini Anda pun dapat melakukan diskusi dengannya dan memperoleh kesimpulan yang sesuai dengan tujuan pembangunan.

4. Meminta Rekomendasi Dari Orang Yang Pernah Memakai Jasa

Memang mencari tahu mengenai jasa arsitek bukanlah persoalan yang mudah dan singkat. Dengan adanya ilmu yang kurang spesifik tentu malah menyulitkan Anda untuk memperoleh informasi yang sesuai dengan kebutuhan. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika Anda menerapkan tips ini.

Yakni dengan meminta rekomendasi dari orang yang pernah memakai arsitek. Mereka pastinya sudah lebih berpengalaman karena telah menemukan jasa yang paling berkualitas. Tidak hanya teman, kerabat, dan keluarga saja, melainkan orang lain pun bisa.

Akan tetapi pastikan jika orang tersebut memang menggunakan arsitek untuk mengerjakan hunian pribadinya. Jadi Anda tidak hanya mendapatkan sekedar informasi saja melainkan juga contoh dari hasil karyanya. Ibarat kata sekali mendayung dua pulau terlampaui.

5. Lakukan Komunikasi Dengan Arsitek

Tips kelima adalah melakukan komunikasi dengan pihak  jasa arsitek profesional. Maksudnya seperti ini, jika Anda sudah menemukan arsitek yang sekiranya sesuai dengan ide rumah, maka jangan langsung menjatuhkan pilihan kepadanya. Namun komunikasikan beberapa hal terlebih dahulu.

Hal ini anda lakukan supaya lebih mudah menafsirkan pilihan kepada beberapa arsitek yang akan menjadi kandidatnya. Bicarakan mengenai konsep, ide, dan lain sebagainya. pastikan jika arsitek tersebut mampu menangkan apa yang menjadi keinginan Anda.

Tidak hanya itu saja, namun arsitek juga harus mampu memberikan umpan balik atau tanggapan terhadap apa yang Anda komunikasikan dengannya. Sehingga nantinya Anda pun akan puas dengan pekerjaan karena rumah impian terwujudkan sesuai keinginan.

6. Bertanya Lebih Baik Daripada Terjadi Kekecewaan

Pernahkah Anda mendengar pepatah lebih baik bertanya daripada tersesat di jalan. Mungkin inilah kiasan yang cocok untuk tips nomor 6 ini, dimana Anda sebagai klien harus bertanya dengan  jasa arsitek profesional secara detail mengenai sejumlah hal sekaligus.

lakukan diskusi bersama pihak arsitek, pastikan saat berdiskusi ini Anda wajib melontarkan pertanyaan-pertanyaan mendasar yang memang akan lebih baik jika diketahui sebelum melakukan perjanjian. Adapun beberapa pertanyaan tersebut meliputi.

Apakah arsitek pernah mengerjakan proyek yang sama, bagaimana proses pengerjaannya, kemungkinan terjadinya masalah, pemecahan solusi dari masalah, dan biaya. Meskipun terkesan memberondong pertanyaan namun semua ini demi kebaikan Anda.

Setidaknya Anda tahu kualitasnya dengan cara menjelaskan dan mintalah contoh proyek yang pernah mereka kerjakan. Kalaupun ada masalah saat berdiskusi Anda bisa mengajaknya kembali untuk mendiskusikan hal yang perlu anda bicarakan. Dengan informasi ini Anda bisa menentukan pilihan.

Baca Juga : Mengapa Perlu Jasa Arsitek ?

7. Bicarakan Mengenai Harga

Terakhir yang harus Anda lakukan sebelum benar-benar deal dengan satu  jasa arsitek profesional adalah membicarakan mengenai harga. Bagaimana tidak harga menjadi sebuah faktor penting yang harus Anda ketahui di awal perjanjian supaya perhitungannya fleksibel dan tidak menyulitkan di akhir.

Pastikan sebelum membicarakan mengenai biaya, Anda cari tahu referensi di internet kisaran harga penggunaan arsitek. Adanya informasi ini Anda tidak akan mudah kena tipu. Lakukan pula pengecekan terhadap beberapa poin yang berhubungan dengan arsitek.

Harus anda ingat juga, meskipun Anda melakukan negosiasi namun jangan sampai berlebihan, karena semakin murah harga yang anda dapatkan layanan yang mereka berikan pun tidak akan maksimal bahkan menurun. Jadi lebih baik mencegah hal tersebut dan lakukan sesuai standarnya saja.

Baca Juga : Keuntungan Menggunakan Jasa Arsitek