Pusat Desain Rumah Sumatera
09
Jun

Pusat Desain Rumah Sumatera 0811-969-665

Pusat Desain Rumah Sumatera

Pusat Desain Rumah Sumatera 0811-969-665


Karakteristik Desain Rumah Tropis yang Kekinian

1. Menggunakan Material Lokal Bercorak Natural

Rumah tropis di bangun dari material yang di produksi oleh warga lokal. Karena harganya lebih terjangkau, hal ini di jadikan salah satu alasan menggunakan material lokal. Kemudian, alasan kedua, bahan tersebut memiliki daya tahan kuat dalam menghadapi perubahan iklim setempat.

2. Memiliki Atap Miring

Memiliki atap dengan kemiringan lebih dari 30 derajat. Pemakaian atap miring ini bertujuan untuk mencegah genangan air ketika hujan lebat. Selain itu, atap miring mampu mengurangi efek panas saat memasuki musim kemarau.

3. Banyak Jendela Berukuran Besar

Fungsi jendela di rumah tropis tidak hanya untuk melancarkan sirkulasi udara, namun juga memberikan pencahayaan alami. Oleh karena itu, rumah tropis memiliki banyak jendela berukuran besar. Desain jendela yang paling sering di gunakan pada rumah tropis adalah model krepyak. Jendela ini mampu menjaga aliran udara tetap lancar meskipun dalam kondisi tertutup di malam hari.

4. Terdapat Unsur Taman di Sekitar Rumah

Fungsi dari taman di rumah tropis, antara lain mempercantik halaman dan menjadi area resapan air. Biasanya, taman tersebut menggunakan memiliki jalan setapak yang terbuat dari batu sungai, kerikil, atau kayu. Sebagai pemanis, taman di lengkapi kolam ikan dengan bunga teratai di atasnya.

5. Menggunakan Sistem Sirkulasi Silang

Sistem sirkulasi silang pada rumah bergaya tropis ini untuk memastikan udara yang masuk dapat berputar ke seluruh ruangan. Oleh karena itu, perputaran tersebut dapat memberikan efek sejuk di dalam rumah. Karena mengutamakan sirkulasi silang, rumah tropis di bekali dua buah ventilasi saling berhadapan di sebuah ruangan.

6. Interior Rumah Didominasi Warna Cerah

Umumnya, interior maupun eksterior rumah tropis di dominasi warna cerah untuk memberikan kesan terang. Warna tersebut juga menjadikan ruangan tampak lebih luas dari ukuran sebenarnya. Selain itu, penggunaan corak bernuansa cerah pada rumah bisa menambah mood positif penghuninya.

7. Mempunyai Dinding Rumah yang Kokoh

Dinding rumah tropis tidak hanya menjadi pembatas ruangan, tetapi juga penyangga atap. Oleh karena itu, dindingnya terbuat dari material bertekstur tebal, seperti batu bata, batu sungai, dan kayu jati. Selain dinding dalam rumah, bagian fasad pun di buat unik dan estetik. Biasanya, fasad rumah tropis menonjolkan roster tanah liat, kayu, maupun keramik. Namun, fungsi roster tersebut tak hanya mempercantik fasad, tetapi juga sebagai sun shading.

Baca Juga : Jasa Desain Rumah Sumatera

Pusat Desain Rumah Sumatera 0811-969-665


Pusat Desain Rumah Sumatera

Kenapa Menggunakan Jasa Kami ?

Proses Cepat

Dengan sistem kerja tim yang efisian dan berusaha memberi yang terbaik untuk klien kami.

Konsultasi

Anda bebas konsultasi dengan tim kami agar tim kami memahami kebutuhan anda.

Bergaransi

Kami memberikan garansi kepuasan pelanggan untuk menjaga kualitas layanan kami.

Harga

Kami memberikan harga terbaik untuk kebutuhan bisnis anda